Minggu, 05 April 2009

Beberapa Nesting Site Penyu Laut di Indonesia (bag. I)


Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.508 pulau dengan garis pantai sepanjang 81.000 km dan luas laut sekitar 3,1 juta km2 (0,3 juta km2 perairan territorial; dan 2,8 juta km2 perairan nusantara) atau 62 % dari luas teritorialnya (Dahuri, 2004). Dengan kondisi ini, pantai-pantai di kepulauan Indonesia merupakan pantai yang potensial sebagai tempat bertelurnya beberapa jenis penyu laut. Menurut Harfriandri Damanhuri, Dosen Fak.Perikanan dan Kelautan Universitas Bung Hatta, keberadaan Penyu di Sumatera Barat sudah dicatat di dalam sejarah masyarakat Minangkabau semenjak tahun 1942 (lokasi pantai Muara Padang) semasa zaman Jepang. Penyu bersarang disebagian pantai daratan Sumatera Barat dan beberapa pulau yang memiliki pantai berpasir, jauh dari keramaian dan aktivitas penduduk. Hingga kini baru tercatat sebanyak 32 lokasi peneluran (Damanhuri, 2000).

Adapun di Pulau Jawa, beberapa pantai di pesisir selatan Pulau Jawa dikenal sebagai habitat peneluran penyu laut. Beberapa pantai tersebut adalah Pantai Pangumbahan di Sukabumi, sepanjang pantai di kawasan Suaka Margasatwa Cikepuh BKSDA Jawa Barat I, Pantai Samas di Bantul Yogyakarta, Pantai Ngagelan di Taman Nasional Alas Purwo, dan Pantai Sukamade di Taman Nasional Meru Betiri. Sedangkan di daerah pantai utara Jawa terdapat Pantai Pramuka yang merupakan kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Pulau Bali juga mempunyai sejarah sebagai pulau penyu. Pulau Serangan merupakan salah satu tempat di Bali yang terkenal sebagai pulau penyu, akan tetapi pantai ini mengalami reklamasi sehingga penyu-penyu tersebut kehilangan habitat penelurannya. Tempat yang masih merupakan daerah peneluran penyu di Bali adalalah Pantai Kuta, Pantai Perancak Negara dan beberapa pantai di Kabupaten Klungkung.

(to be continued.....)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar