Rabu, 15 April 2009

Pelatihan Teknik Pengelolaan Konservasi Penyu di Indonesia

Dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dan pelaku konservasi khusunya penyu laut, Universitas Udayana bekerjasama dengan WWF Indonesia menyelenggarakan "Pelatihan Teknik Pengelolaan Konservasi Penyu Di Indonesia".

Pelatihan ini dilaksakan pada tanggal 22-29 November 2008 lalu, bertempat di Turtle Conservation and Education Center, Serangan, Bali. Dalam pelatihan ini para peserta diberikan beberapa materi : Standar Pengukuran Penyu, pengambilan sampel gonad untuk tujuan pemeriksaan sex rasio, pengambilan sampel genetik, teknik relokasi sarang, teknik pencatatan data dan pemasangan satelit telemetri.

Untuk meningkatkan keterampilan di lapangan para peserta pelatihan mengadakan praktek lapangan (monitoring penyu laut) di Taman Nasional Meru Betiri dan Taman Nasional Alas Purwo. Dalam pelatihan ini pakar penyu di Indonesia drh. I. B. Windia Adnyana, PhD juga berkesempatan memberikan beberapa materi. Selain itu, ada sesi pemutaran beberapa film dokumenter konservasi di Indonesia dan sesi tanya jawab dengan sang pembuat film Lene Topp dan Klauss Topp (WWF Denmark).

Dengan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan peserta di lapangan (tempat kerja masing-masing) sehingga konservasi penyu dapat terus dilaksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar